Budaya Mahar "Uang Panai" Gadis Suku Bugis Makassar
Budaya Mahar Gadis Suku Bugis Makassar, Ku buka pintu disaat fajar manjelma. Kicauan merdu burung yang hinggap di ranting pohon halaman rumahku. Melantunkan nada-nada hingga terangkai menjadi sebuah alunan musik yang begitu elok terdengar diteliga. Embun pagi yang menyapa dedaunan kini akan pergi bersama cahaya mentari. Meninggalkan aroma sejuk di pagi hari. Cahaya mentari begitu ramah menyapa hingga rela menembus rimbunan dedaun pohon dihadapan rumahku.
“Pagi yang cerah untuk jiwa yang tenang”. Kataku pada diri sendiri. Ditengah-tengah menikmati ketenangan pagi terdengar suara pintu dari kamar indo1. Indo yang berusia 80-an kini tak sekuat dulu. Tubuh yang termakan usia membuatnya kriput serta tulang yang kurang mampu menopang semangatnya. Namun, semangatnya selalu seperti diriku. Perlahan-lahan ia menghampiriku.
Duduk di dikursi bambu tempat favorit indo. Katanya kursi bambu itu dibuat oleh ambo2 jadi setiap duduk dikursi itu indo selalu mengingat almarhum ambo. Ada satu hal yang membuatku salut terhadap pasangan tua ini. Mereka selalu setia hingga ajal menjemput ambo. Semarah apapun indo kepada ambo atau sebaliknya tak pernah satu kalipun terdengar kata pisah antara mereka.
Beda halnya dengan sekarang begitu mudahnya orang mengatakan cerai. Bahkan di media diacara realitishow selalu saja terdengar kata cerai dari para artis-artis tanah air. Seakan-akan ini telah menjadi budaya.
Pandangan indo tertuju padaku seolah-olah dia paham dengan apa yang kupikirkan pada saat itu.
Berbalik dan membuka pintu. Dari pembicaran tadi ada hal yang menurutku sebuah pelajaran hidup dimana budaya mahar gadis Bugis-Makassar yang mahal ternyata memiliki makna. Bukan berarti bahwa gadis Bugis-Makassar dijadikan sebuah barang yang diperjual belikan dengan uang.
Tapi, dengan adanya mahar yang besar akan membuat si calon suami betul-betul memikirkan sematang-matang mungkin untuk menikah dan ketika telah menikah tak ada kata pisah atau cerai karena meminang gadis bugis-makassar butuh pengorbanan yang banyak. Akan sangat merasa rugi ketika akan dilepas begitu saja.
Percakapan pagi itu sangat bermakna bagiku sejarah budaya mahar gadis Bugis-Makassar menjadi sebuah alat untuk mempertahankan derajat kaum hawa dalam dunia percintaan. Walaupun banyak pemaham luar yang mengatakan gadis Bugis-Makassar nantinya banyak yang akan menjadi perawan tua jika budaya itu tetap diberlakukan. Namun, ketika makna dari budaya ini dipahami aku yakin budaya cerai-nikah yang sekarang menjamur akan terkikis.
Catatan kaki
Yuk simak lagu Balo Lipa
“Pagi yang cerah untuk jiwa yang tenang”. Kataku pada diri sendiri. Ditengah-tengah menikmati ketenangan pagi terdengar suara pintu dari kamar indo1. Indo yang berusia 80-an kini tak sekuat dulu. Tubuh yang termakan usia membuatnya kriput serta tulang yang kurang mampu menopang semangatnya. Namun, semangatnya selalu seperti diriku. Perlahan-lahan ia menghampiriku.
Duduk di dikursi bambu tempat favorit indo. Katanya kursi bambu itu dibuat oleh ambo2 jadi setiap duduk dikursi itu indo selalu mengingat almarhum ambo. Ada satu hal yang membuatku salut terhadap pasangan tua ini. Mereka selalu setia hingga ajal menjemput ambo. Semarah apapun indo kepada ambo atau sebaliknya tak pernah satu kalipun terdengar kata pisah antara mereka.
Uang Panai
Beda halnya dengan sekarang begitu mudahnya orang mengatakan cerai. Bahkan di media diacara realitishow selalu saja terdengar kata cerai dari para artis-artis tanah air. Seakan-akan ini telah menjadi budaya.
Pandangan indo tertuju padaku seolah-olah dia paham dengan apa yang kupikirkan pada saat itu.
“apa yang sedang kamu pikirkan nak?”
“tidak nek, sebenarnya aku mau bertanya”
“bertanya apa nak?”
“mengapa maha gadis Bugis-Makassar sangat mahal?
“emangnya kenapa nak kamu bertanya demikian atau kamu udah mau menikah?” ia melirik padaku sambil tersenyum dan hal ini membuatku malu didepannya tapi mitos mahar gadis bugis-makassar begitu tersebar luas hingga beberapa waktu lalu salah satu teman dari jawa menanyakan “mengapa mahar gadis bugis-makassar begitu mahal?” aku hanya bisa menjawab “mungkin itu salah satu budaya siri’3, dimana setiap keluarga yang memiliki anak gadis akan merasa malu ketika anaknya diberikan mahar murah”. Namun itu hanya pendapat pribadiku dan aku sendiri masih kabur dengan budaya tersebut. Hal ini pun menjadi perbincanganku bersama indo. Indo yang pada saat itu sedang mangico4 kembali bertanya padaku
“kenapa kamu menanyakan mahar gadis Bugis-Makassar?”
“Aku cuman ingin tahu nek, karena banyak orang yang menanyakan mengapa mahar gadis bugis-makassar begitu mahal? ada juga orang yang beranggapan bahwa mahar gadis Bugis-Makassar itu seperti barang yang diperjualbelikan” indo tersenyum mendengar penjelasanku.
“emm betul juga budaya ini akan menjadi ambigu bagi orang yang tidak paham. kalau dilihat sekilas emang sama dengan barang yang diperjualbelikan. tapi sebenarnya bukan itu maksudnya”. sambil membakar ico5
“jadi maksudnya apa nek?” aku semakin penasaran
“ya sebenarnya dahulu itu pada zaman penjajahan gadis-gadis Bugis-Makassar sangat terhina oleh para tentara belanda.” menghisap ico ditangannya.
“terhina bagaimana indo” ku memotong penjelasan indo.
“aduh izinkan nenek bicara dulu dan jangan dipotong karena nenek bisa lupa apa yang nenek ingin katakan” indo menegurku karena aku terlalu semangat.
“iya nek maaf, aku tidak ada maksud”
“masih ingin dengar cerita nenek?”
“iya nek” ku anggukkan kepalaku bertanda setuju.
“udah sampai dimana cerita kita? aduh aku lupa kamunya sih ngajak nenek bicara, jadi kepotong ceritanya” Menepuk pahanya itu salah satu kebiasaan indo ketika melupakan sesuatu. Maklumlah sudah berumur.
“nek tadi ceritanya sampai di gadis Bugis-Makasssar pada zaman penjajahan”
“oh iya pada zaman dahulu itu gadis bugis sangat dihina dan para gadis ini tidak memiliki hak apapun terhadap dirinya sendiri. jadi setiap gadis pada saat itu harus merelakan dirinya untuk dinikahi oleh tentara belanda tanpa mahar sedikit pun. yang jadi masalah disini yaitu ketika telah dinikahi dan tentara itu melihat ada yang lebih baik dari istrinya maka ia akan beralih kewanita lain tanpa menghiraukan istri pertamanya. disinilah letak ketidak adilan.”
“jadi bagaimana kondisi gadis pada zaman itu nek?”
“nah pada saat itu kewenangan semua ada di tangan tentara belanda, sangat menyedihkan karena orang tua gadis-gadis pada saat itu hanya bisa melihat anaknya diperlakukan semena-mena mereka tidak bisa membela hak anaknya. jadi si gadis ini hanya pasrah dengan keadaan.”
“kasihan, jadi kapan mahar gadis Bugis-Makassar menjadi sesuatu yang mahal?”
“nah pada saat menjelang kemerdekaan tentara belanda meninggalkan kampung Bugis-Makassar karena berhasil diusir oleh para pemberontak. tapi kepergian belanda bukan berarti menghilangkan semua jejaknya masih ada ajaran-ajaran atau doktrin yang mereka tanamkan yaitu salah satunya tentang kebebasan untuk menikahi siapa saja dan berhak meninggalkan begitu saja. paham inilah yang masih dianut para lelaki di kampung Bugis-Makassar.
“apa maksudnya nek dengan ajaran tersebut?”.
“jadi doktrin belanda yang ditanamkan pada jiwa pemuda pada saat itu yakni seorang lelaki bisa berganti-ganti wanita sesuai keinginannya”.
“emm jadi setelah belanda meninggalkan kampung Bugis-Makassar, para gadis tetap saja masih belum memiliki kebebasan?”
“iya nak, nah dari permasalahan inilah ada seorang bangsawan memiliki seorang anak gadis yang begitu iya sayangi dan ia tidak ingin melihat anak gadisnya diperlakukan semena-mena oleh para pemuda yang jiwanya telah terdotrin oleh belanda. suatu ketika ada seorang pemuda yang terpikat melihat gadis bangsawan ini, ia pun memberanikan diri untuk melamar dengan menggunakan doktrin belanda yaitu tidak menggunakan mahar.
Namun orang tua si gadis bangsawaan ini tidak menerimanya karena hal yang ia lakukan merupakan sebuah pelecehan terhadap perempuan. Tidak ada sedikit pun bukti fisik keseriusan sang pemuda itu untuk menikahi sang gadis bangsawan. Jadi pada saat itu orangtua si gadis ini mengisyaratkan kepada sang pemuda kalau ia ingin menikahi anak gadisnya dia harus menyediakan mahar yang telah ditentukannya. mahar yang diajukan sangatlah berat sang pemuda harus menyediakan material maupun non material. hal ini dilakukannya untuk menganggat derajat kaum wanita pada saat itu.
Pergilah sang pemuda itu mencari persyaratan yang diajukan oleh orangtua si gadis. Bertahun-tahun merantau mencari mahar demi pujaan hatinya ia rela melakukan apa saja asalkan apa yang dilakukannya dapat menghasilkan tabungan untuk meminang gadis pujaannya. setelah mencukupi persyaratan yang diajukan oleh orang tua si gadis sang pemuda pun kembali meminang gadis pujaannya dan pada saat itu melihat kesungguhan hati sang pemuda orangtua si gadis merelakan anaknya menjadi milik sang pemuda tersebut”.
“Nek apakah sang pemuda itu tidak merasa bahwa hasil kerja kerasnya hanya dihabiskan untuk menikah ataukah tidak ada kata menyesal pada dirinya?”.
“Tidak nak, dalam hati sang pemuda itu tidak pernah mengatakan menyesal bahkan iya sangat berterima kasih pada orangtua si gadis. Adanya persyaratan yang diajukan memeberikannya sebuah pelajaran yakni menghargai wanita karena wanita memang sangat mahal untuk disakiti. apalagi sang pemuda itu mendapatkan istrinya dari hasil jeri payahnya sendiri itulah sebabnya ia begitu menyanyangi istrinya”.
“Oh jadi mahalnya mahar gadis Bugis-Makassar bukan seperti barang yang diperjual belikan, tapi sebagai bentuk penghargaan kepada sang wanita, jadi ketika tersirat dihati ingin bercerai dan menikah lagi maka sang pemuda akan berpikir berkali-kali untuk melakukannya karena begitu sulitnya ia mendapatkan si gadis ini”. itu pernyataanku kepada indo. ia pun beranjak bangun dari kursi bambu berjalan keluar setiba dipintu ia membalikkan wajahnya kepadaku
“Gimana, kamu sudah paham akan budaya mahar gadis Bugis-Makassar? jadi kamu tidak perlu lagi khawatir akan mahar, jika ada pemuda yang ingin meminangmu persilahkan saja datang kerumah dan katakan padanya jangan takut dengan budaya mahar orang Bugis-Makassar karena ia akan mendapatkan hal yang setimpal dengan apa yang ia keluarkan
Berbalik dan membuka pintu. Dari pembicaran tadi ada hal yang menurutku sebuah pelajaran hidup dimana budaya mahar gadis Bugis-Makassar yang mahal ternyata memiliki makna. Bukan berarti bahwa gadis Bugis-Makassar dijadikan sebuah barang yang diperjual belikan dengan uang.
Tapi, dengan adanya mahar yang besar akan membuat si calon suami betul-betul memikirkan sematang-matang mungkin untuk menikah dan ketika telah menikah tak ada kata pisah atau cerai karena meminang gadis bugis-makassar butuh pengorbanan yang banyak. Akan sangat merasa rugi ketika akan dilepas begitu saja.
Percakapan pagi itu sangat bermakna bagiku sejarah budaya mahar gadis Bugis-Makassar menjadi sebuah alat untuk mempertahankan derajat kaum hawa dalam dunia percintaan. Walaupun banyak pemaham luar yang mengatakan gadis Bugis-Makassar nantinya banyak yang akan menjadi perawan tua jika budaya itu tetap diberlakukan. Namun, ketika makna dari budaya ini dipahami aku yakin budaya cerai-nikah yang sekarang menjamur akan terkikis.
Catatan kaki
- Indo merupakan sebutan nenek dalam bahasa Bugis-Makassar.
- Ambo merupakan sebutan kakek dalam bahasa Bugis-Makassar.
- Siri merupakan sebuah budaya malu Bugis-Makassar, selalu ingin yang terbaik dari yang lain.
- Mangico merupakan kegiatan menghisap tembakau kretek yang di buat khusus secara tradisional, mangico biasanya dilakukan oleh orang tua yanglanjut usia baik perempuan maupun laki-laki.
- Rokok tembakau tradisional
Yuk simak lagu Balo Lipa
89 komentar untuk "Budaya Mahar "Uang Panai" Gadis Suku Bugis Makassar"
Jika sejarah uang panai seperti itu maka itu selaras dengan konsep mahar dalam islam. Tapi didalam islam juga disebutkan bahwa untuk lebih berkahnya pernikahan agar mahar tidak terlalu memberatkan suami dan tidak menunda2 pernikahan hanya karena uang. Syarat utama wanita dinikahi adalah dia muslimah.
Dan juga, penulis hendak mengangkat nilai tradisi bugis-makassar tapi dengan konteks bahasa yang jauh sehingga susah diterima seorang indo berbicara dengan logat jakarta tapi yang dibahas adalah nilai bugis-makassar..
Karena kesungguhan hati tak selamanya diukur dengan hasil/harta.
Tapi proses. Atau mengganti uang panai dengan kefasehan mengaji/agama demikian lebih bijak.
Salam
Berikut sy jelaskan mengapa uang panai' bisa sangat berbeda dr arti sesungguhnya. https://afdhalkusumanegara.wordpress.com/2014/12/14/uang-panai-sebuah-proyek-2
Sekali lagi, tabe'.
Bukankah Rosulullah katakan bahwa sebaik2nya perempuan adalah yang maharnya paling sedikit.
Kalau seperti ini, saya hanya berfikir ini cerita antar nenek dan cucuk dengan versi sendiri
klw cmn mahar tnggi sy krng setuju
kalau memang si pria bnyk uang dan kaya raya mahar berapa pun dia bs bayar tp kalau ujung2 nya istri nya mw di ceraikan ya gk masalah sm dia apa dan hrta nya tetap akan bnyk krna memang sdh kaya raya
shr nya pola pemikiran itu di ubah skrng ini bkn jaman nya belanda lg
dan pemuda2 indonesia yg sdh di kotori pikiran nya oleh belanda pun sdh pd tdk ada di dunia ini
apa lg perkembangan zaman sdh berubah dan psti akan terkikis heran malah yg mahar tnggi mlh di pertahan kan :3
uang bkn segala nya , bnyk uang yg bs byr nahar blm brrti si istri bahagia dan tdk bercerai
semua tergntung individu nya
apa lg jaman skrng kdng2 sbgin onrg uang mahar sdh lari dr arti sbnr ny !
Rasulullah saw bersabda, Wanita itu dikawini karena empat hal: pertama karena kecantikannya, kedua karena hartanya, ketiga karena nasabnya dan keempat karena agamanya, maka pilihlah karena agamanya, hidupmu akan bahagia” (HR Bukhari dan Muslim)
Kriteria lain iyalah:
Mudah maharnya.
Mudah kitabnya.
Mudah rahimmnya.
Lebih detailnya disini https://ngelmulepakbumi.wordpress.com/tag/ayat-dan-hadits-tentang-mahar/
Namun, jika cerita tersebut diatas hanyalah sebuah cerita turun temurun dalam satu keluarga saja..maka sah-sah saja membuat cerita seperti itu.
Nabi SAW bersabda, " wanita paling mulia diantara umatku adalah wanita yang memiliki kecantikan prima dan mahar paling minim"
"janganlah menetapkan mahar-mahar yang mahal, karena uang dan kekayaan tidak dapat menyebabkan cinta. Allah lah yang menetapkan cinta"
seharusnya sdh berubahmi sekarang tradisi itu krn skrang jaman modern dan pendidikan. Okey
Seakan-akan memang kita (pr) seperti barang.
Ukur pertimbangan cerai dari banyaknya kerugian.
Saya perempuan tapi bukan berarti saya merasa aman setelah tau suami mau menceraikan tapi tidak jadi karena uang. Bukan juga saya minta (naudzubillah). Tapi rasa-rasanya kok kayak terpaksa?!
Ini juga salah satu hal yang bisa menyebabkan laki-laki yang sudah berhamburan harta jadi gampang tambah istri. Kan ada j tawwa uangnya. Cobami lihat saudagar-saudagar kaya di kampung-kampung. (termasuk kakekku)
Hahhahhah...
Jadi ingat juga sabda Rasulullah SAW. kalau perempuan yang baik itu adalah yang ringan maharnya. Ringan disini juga bukan berarti ringan yang cenderung tidak menghargai wanita dan keluarganya tapi sesuai kesanggupan dan kewajaran.
Salam,
Perempuan Bugis yang kebingungan
mahar yg dlu maknax sbg bentuk penghargaan bwt perempuan skrg menjadi alat gensi"an ???
ini mngkn tanda bahwa nilai" budaya kurang diajarkan kpd generasi muda....
Itu sdah menjadi darah daging keturunan BUGIS - MAKASSAR
klo memank keturunan bugis ki..tdak jadi masalah itu uang pannai...
Jd suku apapun n dmanapun berada jika dia islam n akan menikah maka laki2 tsb wajib memberikan mahar n jenis juga besaran mahar klo tdk salah dtulis didalm buku nikah. Mengenai jumlah uang panaik, (sy lebih senang menyebutnya uang belanja krn mmg uang tsb dgunakan alias dbelanjakan tuk keperluan pernikahan tsb) itu adalah merupakan hasil kesepakatan keluarga kdua belah pihak pada saat prosesi annappuki n ini tdk dicantumkan dlm buku nikah atwpun diucapkan pada saat ijab kabul. Jadi tolong bedakan antara mahar dengan uang panaik...
emang bagus sih makna uang panai buat menghargai derajat wanita. tapi alangkah baiknya uang panai disesuaikan jg dengan kemampuan sang pria.
Terima kasih
Sy orng bugis
min, dalam konteks di atas ada translete dalam bahasa makassarnya, tolong di share dong min hehe
makasih
wassalam
mahar biasanya hanya beberapa gram emas di tambah perlengkapan sholat sedangkan uang panai ada uang yang akan di habiskan atau di pakai belanja untuk keperluan pesta seperti terowongan atau sarapo,hiburan seperti electon dll